Desa Aman Damai Kabupaten Langkat Berpotensi Besar Menjadi Desa Terbaik Tingkat Sumut

Tim penilaian Desa dan Kelurahan Kabupaten/ Kota terbaik Provsu berkunjung ke Kabupaten Langkat, dalam rangka menilai Desa Aman Damai Kecamatan Sirapit, Kabupaten Langkat 2021, Senin (14/6/2021).
Kedatangan tim penilaian dipimpin Kadis PMD Pemprovsu Ir H Aspan Sofian MM, selaku ketua tim penilaian Desa dan Kelurahan Kabupaten/Kota terbaik Pemprovsu.
Kunjungan disambut Bupati Langkat Terbit Rencana PA melalui Wabup Langkat H Syah Afandin, di Rumdis Bupati Langkat, Stabat.
Usai disambut, rombongan langsung menuju ke Kecamatan Sei Lepan dahulu melaksanakan penilaian lomba pada Kelurahan Sei Bilah dan selanjutnya menuju Kecamatan Sirapit untuk melaksanakan penilaian lomba pada Desa Aman Damai.
Kadis PMD Pemprovsu, Ir. Aspan mengatakan, penilaian ini merupakan penilaian prestasi atas pelaksanaan pembangunan dari hasil yang dicapai masing-masing desa dan kelurahan peserta lomba.
“Penilaian ini dalam rangka memberikan motivasi dan mendorong pembangunan sekaligus pengembangan serta memberdayakan masyarakat guna mempercepat kemandirian pada Desa dan Kelurahan,” jelasnya.
Pelaksanaan penilaian, sambung Ir. Aspan, dilakukan setiap tahunnya secara rutin sesuai Permendagri No 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan Desa/Kelurahan.
Jadi salah satu dokumen yang wajib dipersiapkan bagi peserta dalam penilaian, adalah rencana pembangunan jangka menengah atau dokumen perencanaan lainnya, sambung nya.
“Semoga dengan dilaksanakan penilaian Desa/Kelurahan ini, efektivitas penyelenggaraan pelayanan serta pembangunan Desa Aman Damai dan Kelurahan Sei Bilah meningkat,” ujarnya.
Sementara, Wabup Langkat mengucapkan selamat datang serta berharap kedatangan tim penilaian Pemprovsu memberikan semangat pada Desa Aman Damai dan Kelurahan Sei Bilah untuk meningkatkan pelayanan serta pembangunan diwilayahnya.
“Semoga semangat, hingga meraih hasil terbaik yang mengharumkan nama Langkat di tingkat Sumut sampai Nasional,” harapnya.
Asisten I Pemerintah Basrah Pardomuan yang mendampingi tim pada saat penilaian ke Kelurahan Sei bilah menambahkan, kehadiran tim penilai sangat memberikan makna, khususnya terkait upaya meningkatkan kapasitas pembangunan di tingkat Kelurahan.
Di lain waktu, H. Sutrisuanto selaku Kepala Dinas PMD Kabupaten Langkat yang mendampingi tim pada saat penilaian di Desa Aman Damai juga menambahkan, dengan adanya lomba desa / kelurahan ini diharapkan Desa Aman Damai bisa membawa nama Langkat ke Ajang Nasional sebagai Desa terbaik, serta menjadi motivasi bagi desa – desa di seluruh Kabupaten Langkat.
Ia juga menjelaskan, keberhasilan yang diraih Desa Aman Damai hingga masuk ke tingkat Provinsi mewakili Langkat. Berkat kerjasama semua pihak dan elemen masyarakat khususnya Desa Aman Damai.
Kerja sama mulai dari pembangunan, sarana dan prasarana baik pendidikan, kesehatan, pertanian serta peningkatan inovasi pada sistem pelayanan terhadap masyarakat yang di kelola secara terintegrasi dengan pemanfaatan teknologi informasi.
Sebab itu, sebut H.Sutrisuanto tidaklah berlebihan jika yakin bahwa Desa Aman Damai nantinya, mampu membawa nama Baik bukan hanya Kabupaten Langkat, namun juga nama baik Provinsi Sumatera Utara tingkat Nnasional
Selanjutnya, Kepala Desa Aman Damai, Bapak Sugiman, menyampaikan Ekspos Desa Aman Damai. Ada beberapa indikator penting dari Desa Aman Damai sehingga mendapat predikat terbaik dalam lomba Desa tingkat Langkat dan masuk nominasi di tingkat Provsu.
Indikator tersebut, Penanganan covid 19 sehingga Desa Aman Damai menjadi Desa Tangguh Kabupaten Langkat, serta inovasi dalam melakukan pelayanan public terhadap masyarakatnya yang berbasis Teknologi Informasi. Stabilitas keamanan dan ketertiban yang ditandai dengan tidak adanya konflik di antara masyarakat, serta pengelolaan hasil potensi terbesar di Aman Damai yaitu Padi sawah yang pengelolaannya terintegrasi dengan BUMDes, dimana Desa Aman Damai sendiri merupakan Lumbung padi terbesar di Kabupaten Langkat.

Tinggalkan komentar